Kalender

Last month April 2014 Next month
M T W T F S S
week 14 1 2 3 4 5 6
week 15 7 8 9 10 11 12 13
week 16 14 15 16 17 18 19 20
week 17 21 22 23 24 25 26 27
week 18 28 29 30

Jajak Pendapat

Apa yang menurut anda yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan Mutu sekolah ?
 

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini3
mod_vvisit_counterKemarin68
mod_vvisit_counterMinggu Ini237
mod_vvisit_counterMinggu Lalu616
mod_vvisit_counterBulan Ini1501
mod_vvisit_counterBulan Lalu2617
mod_vvisit_counter0141178

laboratorium komputer

Kepala Laboratorium Komputer

(Drs. Mahpud, M.M.Pd.)


 

 



Teknisi (Andi Ramdani)

Laboratorium Komputer di SMAN 1 Singaparna

“Alhamdulillah Laboratorium SMA Negeri 1 Singaparna telah memiliki 20 Unit Client dan 1 komputer Guru dengan dilengkapi fasilitas Jaringan Internet/Intranet dan AC ruangan. Perjuangan dan Do’a “ , merupakan salah satu semboyan dan konsep utama yang hasrus dimiliki oleh jiwa seorang pendidik atau warga suatu instansi pendidikan atau warga Sekolah. Melalui konsep tersebut InsyaAlloh pengembangan dan peningkatan mutu Sekolah dalam berbagai segi dapat terlaksana.

Demikian pula halnya dengan kronologis keberadaan Laboratorium Komputer di Lingkungan SMA Negeri 1 Singaparna. Berawal dari inspirasi, keinginan, doa dan harapan untuk menyelenggarakan pengadaaan Perangkat/unit komputer sebanyak 8 unit lengkap dengan meja dan kursi serta media pembelajaran lainnya. Semula para perintis ( Bulan Agustus 2002) yang hanya terdiri atas 8 orang untuk tujuan memajukan Sekolah dan memberikan bantuan insentif kesejahteraan bagi staf guru dan personil SMA Negeri 1 Singaparna. Personil sebagai perintis tersebut antara lain :



1.    Kepala Sekolah (Drs.Djadja Sudardjo)
2.    Mohamad Arif Hasan, S.Pd. (Inspirator)
3.    Drs.Otong Saepudin (Perintis/Pendukung)
4.    Drs. Anda Sujana (Printis/Pendukung)
5.    Drs.Jaja Subagja (Wakasek Kesiswaan)
6.    Drs. Acep Sumirat S (Wakasek Kurikulum)
7.    Drs.H.Bahtiar Khobir, M.Si. (Wakasek Humas)
8.    Drs. Iyo Sunaryo (Wakasek Sarana)

Perencanaan sistem investor dengan masa kontrak 3 tahun berkembang, karena peserta invest bertambah menjadi sekitar 82 orang. Setiap tahun insenstif bagi peserta invest dibagikan dengan dengan ketentuan atau MOU yang telah disepakati pada pertama kali presentasi tentang system investor komputerdengan masa kontrak 36 bulan (3 tahun).Alhamdulillah dari tahun 2002 hingga tahun 2005, masa kontrak investor telah berakhir.

Kendatipun masa kontrak telah berakhir dan tidak ada lagi insentif untuk para investor, namun mulai tahun 2006 hingga sekarang insentif berubah menjadi kesejahteraan untuk seluruh personil SMA Negeri 1 Singaparna untuk setiap tahunnya, misalnya dengan pembagian Tunjangan Hari Raya Idul Fitri.

Berdasarkan MOU, setelah masa kontrak investor berakhir, maka seluruh piranti komputer dan pengelolaannya menjadi milik bersama dan dikelola oleh pihak sekolah dan Panitia yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah. Pengelolaan Keuangan, Rencana Anggaran Biaya (RAB), program pembelajaran, bahan pembelajaran, media pembelajaran dan instruktur diserahkan sepenuhnya kepada Kelompok Kerja/Panitia dengan berlandaskan pada acuan kurikulum dan pengelolaan sumber dana yang   ada. Prinsip kerja POKJA Program Pendidikan Komputer SMA Negeri 1 Singaparna, antara lain :


  1. Menambah unit komputer, media pembelajaran dengan sistem komputer guna menunjang pembelajaran di Laboratorium komputer dan Laboratorium Multimedia.
  2. Menyelenggarakan workshop berbasis TIK untuk memberdayakan kinerja guru yang kompeten menggunakan komputer.
  3. Meningkatkan prestasi siswa dibidang kompetensi Tekonologi Informasi dan Komunikasi.
  4. Membantu Sekolah dalam penambahan Insentif bagi seluruh personil SMA Negeri 1 Singaparna setiap tahunnya
  • Fungsi Laboratorium Komputer


Pada tahun 2002 hingga tahun 2005 Laboratorium komputer di SMA hanya terdapat 1 ruangan . Tetapi pada tahun 2006 hingga sekarang Laboratorium Komputer Negeri 1 Singaparna menjadi 2 ruangan, dengan secara bertahap semua unit komputer spesifikasinya adalah Pentium 4.

Fungsi laboratorium Komputer secara umum merupakan tempat kegiatan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran komputer atau Teknologi Informasi dan komunikasi atau Pembelajaran yang berbasis TIK. Dengan penggunaan Internet peserta didik sekaligus pendidik dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan melalui akses internet di Laboratorium Komputer atau di Laboratorium Multimedia.  

  • Fungsi Laboratorium Multimedia

Ada beberapa fungsi dan peranan Laboratorium Multimedia yang dapat dipaparkan, antara lain :

  1. Laboratorium Multimedia dapat Menggantikan fungsi dan peranan dari Laboratorium Konvensional yang telah ada sebelumnya.
  2. Laboratorium Multimedia merupakan tempat kegiatan pembelajaran pendidik dan peserta didik secara interaktif dan multimedia.
  3. Laboratorium Multimedia merupakan pusat informasi untuk mendapatkan data/informasi/dokumen pendidikan melalui akses internet secara periodik di Lingkungan Sekolah tersebut.
  4. Laboratorium Multimedia merupakan tempat kegiatan proses KBM melalui penggunaan software multimedia berbagai mata pelajaran.
  5. Laboratorium Multimedia merupakan tempat kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi pendidik dan peserta didik
  • PROGRAM KERJA

Setiap proses kegiatan yang melibatkan penggunaan jasa layanan Laboratorium Komputer dan Laboratorium Multimedia, baik yang akan dilaksanakan dan telah dilaksanakan harus disusun dalam sautu Program Kerja yang terencana. Sebagaimana kita ketahui, penyusunan Program Kerja memiliki fungsi antara lain, sebagai Panduan berisi arahan dalam merencanakan dan melaksanakan Program kegiatan yang akan dan telah dilaksanakan. Dengan harapan agar tidak terlalu menyimpang dari tujuan yang ditetapkan.

Untuk kepentingan ini, Program Kerja dalam Pengelolaan  dan Distribusi Dana Anggaran Komputerisasi di SMA Negeri 1 Singaparna, antara lain bertujuan :

  1. Dapat melaksanakan amanat/tugas dalam memberdayakan atau mengembangkan dan memanfaatkan pengelolaan sumber dana untuk kemajuan sekolah, prestasi peserta didik dan pendidik serta penambahan kesejahteraan seluruh personil SMA Negeri 1 Singaparna.
  2. Dapat menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta distribusi sumber dana da penggunaannya berdasarkan mata anggaran yang telah disusun dan ditetapkan.
  3. Dapat melaksanakan seluruh RAb yang telah disusun dan ditetapkan dengan prinsif kebersamaan.